Post Icon

Project Workshop Aplikasi Internet (Membuat Server Video Streaming dengan Broadcam Live Video Streaming)

Membuat Server Video Streaming dengan Broadcam Live Video Streaming


Dasar Teori
 
Video streaming adalah istilah yang sering kita gunakan saat melihat video diinternet melalui browser dimana kita tidak perlu men-download file video tersebut untuk dapat memutarnya. Istilah ini tersebut terdiri dari dua suku kata yaitu video dan streaming, secara istilah video berarti teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak, sedangkan streaming berarti proses penghantaran data dalam aliran berkelanjutan dan tetap yang memungkinkan pengguna mengakses dan menggunakan file sebelum data dihantar sepenuhnya.Jadi video streaming dapat diartikan transmisi file video secara bekelanjutan yang memungkinkan video tersebut diputar tanpa menunggu file video tersebut tersampaikan secara keseluruhan.Video streaming banyak diimplementasikan pada dunia pertelevisian untuk melakukan siaran dari website atau mengirimkan gambar siaran langsung melalui website atau disebut juga live streming. Jadi gambar yang didapatkan dari siaran langsung, sesegera mungkin ditransmisikan dan dapat diputar melalui internet.
Broadcam Video Live Streaming Perangkat Lunak Streaming dan Video Broadcast Hidup melalui Internet, untuk mendapatkannya bisa di download di link
http://www.nchsoftware.com/broadcam/index.html
Ada Penawaran yang unik untuk versi gratisnya, tentunya dengan fitur online yang lebih lengkap mirip untuk versi yang berbayar asalkan link video kita di daftarkan ke server streaming Broadcom. Tentunya broadcam sangat ideal bagi perusahaan untuk menyiarkan pengumuman video.
Fitur yang bisa dinikmati adalah sebagai berikut :
- Streaming video dan audio langsung dari PC
- Menonton video stream dari browser web dengan plugin Flash.
- Ada preview rekaman file video

 Langkah Percobaan :

1. Unduh aplikasi dari link berikut :
http://www.nchsoftware.com/broadcam/index.html


 2. Install aplikasi tersebut. Tampilan aplikasinya adalah sebagai berikut :





3. Konfigurasi Local Network kita sesuai kebutuhan, yang tentunya tujuannya agar file, streaming bisa di lihat oleh public. Tetapi untuk aplikasi free, kita tidak bisa melakukan streaming jika kita berbeda LAN dan juga kita tidak bisa mengatur IP nya tersebut jika kita menggunakan aplikasi free tersebut. Selanjutnya kita tes web routing dan test wizard.  Local Network adalah alamat yang digunakan oleh client untuk mengaksesnya sedangkan jika kita tidak dalam satu LAN maka gunakan link yang Internet.




4. Setelah starting, kita telah bisa melakukan webcaman ataupun melakukan streaming video menggunakan aplikasi ini. Untuk webcam langkah nya adalah sebagai berikut :




untuk share video adalah sebagai berikut :




Untuk video streaming, dari file komputer akan di convert secara default agar bisa di view online.

5. Gambar hasil video streaming , hasilnya dapat dilihat online, kita tinggal membuka link nya ke web browser. Link nya adalah alamat IP yang pertama kali kita config sebelumnya.




Tampilan awal di Client

WEBCAM

 
 Server


 Client

VIDEO STREAMING



Server


Client




References
http://www.almuhibbin.com/2012/01/membuat-server-video-streaming-dengan.html
http://www.nchsoftware.com/broadcam/index.html
 


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar